Jumat, 12 April 2013
1.
MODEL OLIGOPOLI
a. Non
collusive Oligopoly
Antar perusahaan dalam pasar oligopoli saling
bersaing, dalam harga maupun promosi. Namun, produsen tidak dapat menurunkan
harga karena pesaing akan selalu mengikuti. Pay
Off Matric. Matrik
yang menyatakan keuntungan atau kerugian perusahaan sebagai hasil strategi
perusahaan dan respons dari pesaing disebut pay off matric. Contoh pay off
matric adalah strategi advertensi.
b. Collusive
Oligopoly
Untuk menghindarkan adanya perang
harga atau perang promosi produsen mengadakan kesepakatan (kolusi) satu dengan
yang lain. Bentuk kesepakatan tersebut adalah market sharing cartel, centralized cartel dan price leadership.
1.
IMPLIKASI
EFISIENSI PASAR OLIGOPOLI
Analisis oligopoli yang telah
jelaskan adalah analisis jangkuan pendek. Dalam analisis jangka pendek,
perusahaan yang bekerja dalam pasar oligopolies tidak berbeda dengan
perusahaan-perusahaan dengan yang beroperasi dalam struktur pasar yang lain,
misalnya pasar dalam persaingan murni, persaingan monopolistik, atau dalam monopoli.
Buku
: Dasar-dasar Teori Mikro Ekonomi . Prof.Soerharno.ts,su
bab: XI \ OLIGOPOLI
halaman : 189-197
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)