Jumat, 12 April 2013

OLIGOPOLI

1.        MODEL OLIGOPOLI

a.    Non collusive Oligopoly
 Antar perusahaan dalam pasar oligopoli saling bersaing, dalam harga maupun promosi. Namun, produsen tidak dapat menurunkan harga karena pesaing akan selalu mengikuti. Pay Off Matric. Matrik yang menyatakan keuntungan atau kerugian perusahaan sebagai hasil strategi perusahaan dan respons dari pesaing disebut pay off matric. Contoh  pay off matric adalah strategi advertensi.
b.    Collusive Oligopoly
Untuk menghindarkan adanya perang harga atau perang promosi produsen mengadakan kesepakatan (kolusi) satu dengan yang lain. Bentuk kesepakatan tersebut adalah market sharing cartel, centralized cartel dan price leadership.
1.        IMPLIKASI EFISIENSI  PASAR OLIGOPOLI
Analisis oligopoli yang telah jelaskan adalah analisis jangkuan pendek. Dalam analisis jangka pendek, perusahaan yang bekerja dalam pasar oligopolies tidak berbeda dengan perusahaan-perusahaan dengan yang beroperasi dalam struktur pasar yang lain, misalnya pasar dalam persaingan murni, persaingan monopolistik, atau dalam monopoli.
 
Buku : Dasar-dasar Teori Mikro Ekonomi . Prof.Soerharno.ts,su
                    bab: XI \ OLIGOPOLI
                    halaman : 189-197

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates