Jumat, 12 April 2013

OLIGOPOLI


1.        PENGERTIAN OLIGOPOLI
Oligopoli adalah bentuk organisasi pasar di mana hanya terdapat beberapa penjual atau produsen produk yang homogen atau berbeda. Perbedaan tersebut berlangsung dalam bentuk merk, kualitas atau model atau fashion. Dalam perekonomian terutama dalam industry manufaktur, jenis pasar oligopoli tersebut banyak terjadi.
Pasar-pasar oligopoli memiliki beberapa ciri sebgai berikut :
a.    Kalau dalam pasar hanya ada dua penjual maka disebut duopoly.
b.    Kalau produk yang dijual homogen maka disebut pure poligopoly.
c.    Kalau produk yang dijual adalah berbeda maka disebut differentiated oligopoly.
d.   Dimungkinkan produsen baru dapat masuk dalam pasar/industri dan masuknya produsen tersebut tidak sesulit monopoli.
e.    Tindakan seorang produsen dalam pasar oligopoly akan mempengaruhi produsen lain
2.        TIMBULNYA OLIGOPOLI
Sebuah pasar tidak dengan sendirinya bias memiliki struktur oligopoli. Ada beberapa kondisi yang menjadi pencetus muncul nya oligopoli. Kondisi- kondisinya antara lain tersebut dibawah ini :
a.         Adanya produsen yang beroperasi dengan skala besar sehingga hanya diperlukan beberapa produsen.
b.        Investasi yang besar untuk masuk dalam industri.
c.         Hak paten.
d.        Mempunyai hubungan khusus dengan pelanggan.
e.         Ditunjuk oleh pemerintah.

Buku : Dasar-dasar Teori Mikro Ekonomi . Prof.Soerharno.ts,su
                    bab: XI \ OLIGOPOLI
                    halaman : 189-197

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates