Jumat, 12 April 2013
1.
PENGERTIAN OLIGOPOLI
Oligopoli adalah bentuk organisasi pasar di mana hanya terdapat beberapa penjual atau produsen produk yang homogen atau berbeda. Perbedaan tersebut berlangsung dalam bentuk merk, kualitas atau model atau fashion. Dalam perekonomian terutama dalam industry
manufaktur, jenis pasar oligopoli tersebut banyak terjadi.
Pasar-pasar oligopoli memiliki beberapa ciri sebgai berikut :
a. Kalau
dalam pasar hanya ada dua penjual maka disebut duopoly.
b. Kalau
produk yang dijual homogen maka disebut pure poligopoly.
c. Kalau
produk yang dijual adalah berbeda maka disebut differentiated oligopoly.
d. Dimungkinkan
produsen baru dapat masuk dalam pasar/industri dan masuknya produsen tersebut
tidak sesulit monopoli.
e. Tindakan
seorang produsen dalam pasar oligopoly akan mempengaruhi produsen lain
2.
TIMBULNYA OLIGOPOLI
Sebuah pasar tidak dengan
sendirinya bias memiliki struktur oligopoli. Ada beberapa kondisi yang menjadi
pencetus muncul nya oligopoli. Kondisi- kondisinya antara lain tersebut dibawah
ini :
a.
Adanya produsen yang
beroperasi dengan skala besar sehingga hanya diperlukan beberapa produsen.
b.
Investasi yang besar untuk
masuk dalam industri.
c.
Hak paten.
d.
Mempunyai hubungan khusus
dengan pelanggan.
e.
Ditunjuk oleh pemerintah.
Buku : Dasar-dasar Teori Mikro Ekonomi . Prof.Soerharno.ts,su
bab: XI \ OLIGOPOLI
halaman : 189-197
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)